10 HEWAN LANGKA BESERTA GAMBARNYA

Indonesia memang mempunyai kekayaan alam yang melimpah. Disamping berbagai jenis flora, Alam Indonesia memuat aneka fauna unik yang hanya dimiliki Indonesia. Sayangnya, seiring maraknya penangkapan hewan dan pembabatan atau pembakaran hutan secara liar dan ilegal, banyak satwa milik Indonesia yang lantas menurun jumlahnya. Terlebih didorong oleh tingkat kelahiran hewan yang rendah, hewan-hewan tersebut akhirnya menjadi langka bahkan hampir punah.


Berikut 10 di antara hewan langka Indonesia yang terancam punah dan tidak bisa dilihat lagi :

1. Badak
Badak bercula dua dari Sumatera (Badak Sumatera) dan badak bercula satu dari Jawa (Badak Jawa) tergolong satwa yang sudah hampir punah di Indonesia. Data menyebutkan jumlah Badak bercula dua sisa sekitar 300 ekor saja. Sedang Badak bercula satu lebih memprihatinkan lagi karena jumlahnya tercatat sisa puluhan ekor saja.

Baca juga : Kegiatan Menggambar Badak Jawa

2. Harimau Sumatera
Harimau Sumatera salah satu hewan langka yang dilindungi di indonesia. Saat ini jumlahnya semakin sedikit, Keberadaannya terganggu oleh manusia yang sekarang ini sering melakukan penebangan liar dan memburunya. Harimau Sumatera mempunyai warna paling gelap di antara semua subspesies harimau lainnya. Harimau Sumatra jantan memiliki panjang rata-rata 92 inci dengan berat 300 pound atau sekitar 140kg, sedangkan tinggi dari jantan dewasa dapat mencapai 60cm. Betinanya rata-rata memiliki panjang 78 inci dan berat sekitar 91kg.  Habitat asli Harimau Sumatera adalah di hutan Sumatera.


3. Orang Utan
Orang Utan Sumatera dan Orang Utan Kalimantan juga tergolong satwa langka yang sangat dilindungi di Indonesia. Dari segi fisik, Orang Utan Sumatera berukuran lebih kecil dari Orang utan Kalimantan.


4. Monyet Hitam Sulawesi
Jenis monyet yang juga lazim disebut Yaki atau Monyet Wolai memiliki ciri fisik yang sangat unik. Tubuhnya dipenuhi bulu hitam pekat mengkilat, dengan jambul dan pantat berwarna merah muda. Monyet Hitam Sulawesi ini juga memiliki ukuran tubuh yang besar. Sayangnya, hewan lucu ini juga sudah hampir punah.


5. Anoa
Hewan yang habitatnya berada di pulau Sulawesi ini tampak mirip dengan kambing. Yang membedakannya adalah ukurannya yang besar dan tanduknya yang runcing. Tanduk khas di kepalanya itu dapat mencapai panjang 30 cm.


6. Jalak Bali
Sesuai namanya, burung langka yang satu ini hanya hidup di Bali, tepatnya bagian barat Pulau Bali. Jalak Bali merupakan spesies burung pengicau. Ukurannya sedang, sekitar 25 centimeter. Bulu bulunya sangat indah


Mengingat bentuknya yang cantik, penangkapan burung ini untuk dijual atau dijadikan burung hias diprediksi sebagai pemicu menurunnya jumlah populasi burung ini. Karena populasinya yang sisa sekitar 100 ekor lebih, burung ini dilindungi di penangkaran Nusa Penida dan Taman Nasional Bali Barat.

7. Macan Tutul Jawa


Macan yang mendapat julukan macan Kumbang ini hanya hidup di hutan tropis, area pegunungan dan kawasan konservasi di Pulau Jawa seperti Taman Nasional Gunung Gede Pangrango. Akibat perburuan liar, jumlah populasi macan tutul di hutan pun akhirnya habis. Macan berbulu motif ini telah dinyatakan hampir punah sejak tahun 2007.

Baca juga : Belajar Langsung Dengan Alam

8. Kanguru Pohon


Kanguru Pohon merupakan hewan yang berhabitat di Papua. Jumlah hewan ini kini sangat terbatas dan terancam punah. Dari data yang dikeluarkan Red List IUCN populasi hewan berkantung ini hanya berkisar di angka 50-an ekor saja.

9. Gajah Sumatera
Mulanya populasi gajah ini masih terbilang aman. Populasi mereka tahun demi tahun menurun drastis akibat perburuan liar. Selain itu, hewan asal Sumatera ini juga banyak kehilangan tempat hidup karena hutan yang mereka diami dijadikan kebun pribadi oleh masyarakat.


10. Pesut Mahakam
Dari kelompok hewan laut, Pesut Mahakam bisa dibilang hewan air yang terlangka. Hewan ini adalah mamalia namun ia hidup di air tawar. Tercatat jumlahnya sisa sekitar 70-an ekor, dan dapat ditemui di Sungai Mahakam.



Masih banyak jenis hewan di Indonesia yang sudah langka. Karena kelangkaan mereka, patut kiranya kita ikut menjaga kelestariannnya dengan tidak menangkap ataupun membunuh hewan-hewan tersebut demi kepentingan pribadi. (artikel ini dikutip dari : http://www.sejujurnya.com/2016/05/hewan-langka-di-indonesia.html?m=1). Baca juga : Metodologi Terbaru Penyelamatan Hutan


Related Posts:

0 Response to "10 HEWAN LANGKA BESERTA GAMBARNYA"

Posting Komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik