Aneka Permainan Edukatif Anti-Korupsi dari KPK


Apabila membahas tentang pendidikan anti-korupsi, di benak kita pasti terlintas hal-hal berat dan membosankan. Kebanyakan model pendidikan di Indonesia masih bersifat konservatif, seperti menggunakan modul, presentasi, dan segudang tugas-tugas berat yang harus diselesaikan. Jika ditambah dengan kata korupsi, pendidikan menjadi sesuatu yang lebih menakutkan.
Namun tidak demikian bila konsep belajar Anti-Korupsinya dilakukan dengan sebuah permainan yang mengasyikkan. Sejak tahun 2014, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang merupakan lembaga anti korupsi sudah mengubah konsep pembelajaran dan pendidikan anti korupsi dengan konsep yang lebih menarik.

Baca juga : Proses Pendampingan Belajar di TBM Bintang Brilliant

Melalui konsep board game (permainan berbasis papan atau kartu) pembelajaran dan pendidikan anti korupsi jadi jauh lebih menyenangkan. Hasil penyerapannya juga jauh lebih tinggi.

Pendidikan Anti-Korupsi untuk anak-anak melalui board game telah di kembangkan sejak tahun 2016. KPK memiliki Pusat Edukasi Antikorupsi berharap, dengan memainkan board game dari KPK dapat menumbuhkan nilai-nilai integritas dan kejujuran dari para pemainnya. Dana dari pembuatan Board Game ini berasal dari sektor pendidikan KPK.


Hingga awal tahun 2018 ini, KPK sudah memiliki banyak sekali judul board game untuk mendukung pendidikan Anti-Korupsi. TBM Bintang Brilliant mempunyai 3 seri Board Game dari KPK ini. Board Game tersebut adalah Keranjang Bolong, PDKT, dan The Suspect.

Aneka Board Game tersebut tentunya sangat cocok digunakan sebagai bahan pembelajaran sekaligus hiburan di TBM Bintang Brilliant. Terkait dengan kegiatan TBM Bintang Brilliant yang disingkronkan dengan program Tali Integritas sudah ditulis sebelumnya di : Rencana Metode Pemanfaatan Program Tali Integritas

Kegiatan permainan Board Game dari KPK yang dilakukan oleh anak-anak akan diposting secara berkala di akun instagram, Facebook dan juga di blog ini.


Tidak ada komentar

Harap berkomentar dengan sopan dan sesuai topik

Gambar tema oleh 5ugarless. Diberdayakan oleh Blogger.